For Ads

Post Top Ad

Artikel

Single berprinsip atau Jomblo nasib?

Hening malam sudut kota bandung selatan, diumur gue yang baru saja memasuki usia remaja. Gue yang sejak kecil memang hobi berimajinasi atau lebih tepatnya 'dikit-dikit dipikirin' (bukan baper ya..) menjadi merasa dewasa sebelum waktunya. Hal sekecil apapun pasti kupikirkan, ya.. termasuk dalam urusan asmara.

Nama saya Reza, dan sampe detik ini saya masih single, single bukan berarti jomblo. Inget bukan jomblo! Inget! Single bukan jomblo!

Single itu sebuah kesalahan? Enggak kan? Gini deh.. kalo single adalah sebuah kesalahan berarti kalian semua terlahir membawa kesalahan, dong. Iya enggak? Single itukan manusia yang tidak memiliki pasangan, lalu bayi yang lahir tanpa memiliki pasangan hidup berarti kalian semua terlahir kedunia membawa kesalahan?

 Single berprinsip, Single bukan jomblo! Single adalah manusia yang memilih untuk belum mau terikat dalam suatu hubungan. sedangkan jomblo adalah manusia yang memiliki hubungan tapi enggak ada yang mau. Maka karna Single itu prinsip karna para single memilih sedangkan jomblo ituuu.. ngenes, karna mereka mau tapi enggak ada yang mau.

Bukan. Bukan aku menjadi objek oikiranku kali ini. Aku sudah beralih dari cinta-cintaan sebelum waktunya. Berada dengan kawan-kawan sebayaku. Ehem.. aku bukanlah seorang yang dengan gelar KH atau bikin postingan islami cuman seorang berpikiran liberal dan berbagi pikiran dalam bentuk tulisan. Hmm, Pacaran dulu atau langsung menikah ya?

"Jodoh itu udah Tuhan yang atur, tiap orang udah ada jodohnya kok santai aja.." Iya nyet, emang jodoh udah diatur Tuhan, tapi kalau gak pernah dicariin atau diikhtiarin. Ya tetep aja kaga bakalan dapet-dapet orang gak dicariin atau diikhtiarin.


I'am really fucking not single. I'm find own money for myself. I'm dating myself, i take myself out to travel, i buy some clothes for myself. I love myself. Hahaha do you?

Single Berprinsip, Seseorang single karena 'ke-ada-an' yang memaksa untuk single, dan fokus untuk mengejar apa yang dikejar. Entah sampai kapan harus tetep untuk menutup hati. Kadang, single itu bisa jadi bahan celaan sama temen-temen yang sudah mempunyai pacar disosial media maupun dikehidupan nyata.


Cinta dengan biaya orang tua, tidak pantas menghina status seseorang, tanpa mengetahui alasannya.

Single Berprinsip, Salah satu kesamaan Single dengan Jomblo adalah mereka sama-sama kesepian. Single sangat jarang memikirkan tentang percintaan, tapi mereka mikirin tentang cinta. Mau sesibuk apapun seorang single, mau sepadat apapun jadwal seorang single, dia tetap merasakan yang namanya kesepian.


Akan ada waktu dimana mereka berhenti sejenak dalam melakukan kesibukan lalu berkata "kok kayak masih ada yang kurang ya?

Single Berprinsip, Tugas gue yang seorang single ini dalam dunia percintaan adalah menjadi tukang observasi. Menjadi tukang observasi ini bisa dimana aja dan bisa kapan aja. Objek yang gue perhatikan bukan perempuan doang, gue juga memperhatikan cowok jomblo serta sepasang kekasih. Dari memperhatikan gue jadi tau apa yang mereka lakukan tanpa harus berperan menjadi mereka.


Kita hidup di dzaman dimana kalo kita nanya malah disebut kepo, berbuat baik malah disebut modus?

Single berprinsip, Misalkan perempuan yang punya pacar tapi pacarnya cuek dan akhirnya perempuan itu ngambek. Gue jadi tau perempuan bakal ngambek kalo dicuekin tanpa harus jadi pacarnya. Contoh lagi ketika seorang cowok yang Long Distance Relationship terus mikirin pacarnya yang ada dilain daerah. Gue jadi tau scowok akan khawatir ketika pacarnya yang berada jauh tidak mengabari dia. Oke.. contog terakhir, sepasang kekasih yang akhirnya putus gara-gara cowoknta selingkuh. Gue jadi tau kalau putus karena diselingkuhi akan sangat menyakitkan bagi perempuan, gue jadi tau itu, tanpa harus selingkuh dan tanpa harus menyakiti perempuan.

Single berperinsip, Gue anak korban broken home, bukan berarti gue trauma, terus gak bisa jalin suatu hubungan. Tetapi atas pemetaan masa depan gue tentang bagaimana gue harus mulai mempersiapkan diri agar kelak keluarga gue tak terruai seperti kedua orang tua gue. Menuntuk gue untuk senantiasa berbenah menjadi manusia berkualitas agar kelak menjadi seorang ayah yang bertanggung jawab atas semua resikonya dan membangun rumah tangga dengan cinta dan berjakan seiring dengan istri shalehah membentuk keluarga harmonis yang denkat dengan Rabb-Nya.


Bukan tentang siapa yang memuja gue disaat tau kelebihan gue, tapi tentang siapa yang memeluk gue disaat tahu kekurangan gue.

Single berperinsip, Prinsip yang belum mau terikat dalam suatu hubungan. Sebagai manusia, kita seharusnya menghargai itu karena mungkin dibalik ke-single-an mereka ada tujuan yang lebih baik untuk kita. dan dibalik tatapan single untuk orang yang dia sayangi, ada tekad yang berkata "Kamu memang bukan pacarku tapi kumohon untuk menunggu, tunggu aku datang untuk melamarmu."

Gue sedang membuat secangkir teh panas. lalu gue menyesapnya dengan pelan. Masih terlalu panas. Lalu gue sadar, seperti halnya teh, kamu masih terlalu panas, jika gue memaksa untuk minum dan hanya membuat lidah gue perih.

Single berperinsip, Oiya. Single itu diem-diem gue membangun struktur kehidupan untuk kelak kehidupannya seperti apa, mau jadi apa, berjuang buat mendapatkan sebuah kebahagiaan. Entah kebahagiaan yang yang gue ikhtiarin itu buat siapa? Ya jelas enggak tau, buat bikin rumah untuk kamu, bisaaa...

Bersambung.....
___
Cermin kecil, melankolis.
Artikel diterbitkan 11/12/2016 (Sabtu, 8:23 AM)
Reza P. Andana

Related Posts

60 komentar:

  1. tapi banyak juga yang beranggapan kalau single dan jomlo itu sama aja gan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dari huruf dan perkataanya juga udah beda bro :) wkwk

      Hapus
  2. mantap gan single itu anjuran agama gan.. sedangkan jomblo itu hasil atau akibat melanggar agam gan.. hehee

    BalasHapus
    Balasan
    1. Gue sedang membuat secangkir teh panas. lalu gue menyesapnya dengan pelan. Masih terlalu panas. Lalu gue sadar, seperti halnya teh, kamu masih terlalu panas, jika gue memaksa untuk minum dan hanya membuat lidah gue perih. wkwkwk

      Hapus
  3. single berprinsip,,gua banget..hhehe PD

    BalasHapus
  4. wanjir jomblo juga ada single berpinsib

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ya tergantung milih sih pak, kan hidup mah pilihan. mau pilih jomblo atau single pak? wkwkwk

      Hapus
  5. Kalau jomblo berprinsip gimana??? :-D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nah mungkin itu saya kurang tau bro, soalnya rata-rata jomblo mah nasip wkwkwk

      Hapus
  6. kalau ane udah janji sama kawan kawan :3

    BalasHapus
  7. alahamdulillah,,,,
    ternyata ada juga yang berfikiran sama dengan ane masalah single,,,,
    tak masalah orang berkata apa yang penting tetap teguh dengan pendirian
    merdeka,,,, :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Allhamdullilah.. senang juga liatnya :)
      Padadasarnya dalam idup, kita yang jalanin, kita yang ngerasain. orang-orang yang ngomentarin. Merdeka :D

      Hapus
  8. Pilih single berprinsip karena gue belum memikirkan tentang percintaan bro tapi serasa jomblo hahaha

    BalasHapus
  9. Menurut gue sih bro, hidup mah bukan pilihan.. tapi terkadang hidup harus bertahan pada suatu pilihan dan pendirian kita aja yaps wkwk

    BalasHapus
  10. saya lebih suka singgle berprinsip gan. hehehe
    thanks informasinya gan. sangat menarik

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kurang lebih saya juga begitu bro, mangkanya saya semua lampiasin kedalam sebuah catatan kusam ini :)

      Hapus
  11. Balasan
    1. Berarti jomblo itu nasip ya bro.. :') huhu

      Hapus
  12. Kalau sudah waktunya nanti jodoh juga akan datang kok gan

    BalasHapus
    Balasan
    1. ""Jodoh itu udah Tuhan yang atur, tiap orang udah ada jodohnya kok santai aja.." Iya nyet, emang jodoh udah diatur Tuhan, tapi kalau gak pernah dicariin atau diikhtiarin. Ya tetep aja kaga bakalan dapet-dapet orang gak dicariin atau diikhtiarin." wkwkw :D

      Hapus
  13. Single itu menurut saya karena kita belum mememukan jodoh yang tepat bagi kita gan...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sudah saya tegankan bro.. ketika anda sedang membuat secangkir teh panas. lalu anda meminum teh panas itu. apa yang dirasain? bukannya enak, malah membuat lidah anda sakit.

      Hapus
  14. kalo ane mah jomblo krn ane sibuk kuliah gan, jadi ga ada waktu buat pacaran hehe

    BalasHapus
  15. singel dulu gpp lah, ntar juga nemu sendiri pasangannya :v

    BalasHapus
  16. Saya setuju dengan single berprinsip gan, karena berprinsip itu sudah bagian dari membentuk nasib. Salam dan sukses selalu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Karena semua orang itu harus mempunyai prinsip dan pendirian masing-masing bro. Kalo orang yang ga punya prinsip dan pendirian bakalan angin-anginan.. nasib.

      Hapus
  17. prinsip ane nikah dulu baru pacaran... :3

    BalasHapus
    Balasan
    1. Anjir.. leh ugha u :3 wkkwk

      Hapus
    2. kalau menurut ane bener apa kata gan arif :D jadi masa saling kenal mengenalnya pas udah berkeluarga, lagian kan didalam islam gak boleh tuh yang namanya pacaran ada juga taaruf

      Hapus
    3. Wah kalo bawa-bawa soal agama, angkat tangan deh hihi. :'3

      Hapus
  18. gua setuju gan,,,,jodoh di tangan tuhan, tapi kalo loe ga brusaha nyari, kemungkinnan tuhan ngasik loe jodoh yang ngetuk pintu rumah loe dan ngajak kenalan itu 0,00000000000000000000000001%,,,hehehehehe,,,,mantap gan

    BalasHapus
  19. lebih baik single berprinsip aja gan. fokus yg dilakuin sekarang. Soal jodoh ntr pasti akan datang pada waktu yg tepat, tapi entah kapan :D

    BalasHapus
  20. singel berprinsip gan. fokus buat masa depan, kalau udah sukses jodoh gabakalan kemana mana :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Emang kalo gasukses jodoh larinya kemana gan? wkwkwk

      Hapus
  21. single berprinsip donk.
    memantaskan diri dulu supaya dapat pasangan yang pantas juga

    BalasHapus
  22. BACA Pelan-Pelan...

    kata "jomblo" atau "single" intinya sama kok gan, sama-sama blm pnya pasangan....

    bedanya itu cuma di sudut pandang masing-masing orang/manusia nya aja...

    ada kalanya manusia gak mau/gengsi di bilang "gak punya pacar"...

    oleh karena alasan itu mereka (orang-orang) jadi membeda-bedakan kata "jomblo" dan "single"...

    intinya ya sama aja... blm pnya/di beri pasangan...

    Terima kasih...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bukannya beda kata berarti beda makna ya bro.. wkwk

      Hapus
  23. Single berprinsip dongg, nanti kalo kita udh sukses cewe2 pasti nyamperin kitaa:v

    BalasHapus
    Balasan
    1. Berarti cewe yang nyamperin matre semua dong gan.. wkwkk

      Hapus
  24. mending single dari pad jones,,heheh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wahh,, ada yang lebih ngenes juga dibanding jomblo nasib ya? wkkwkw

      Hapus
  25. Jadi status singlenya mau sampai kapan nih gan ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sampai dikasih wahyu dari allah swt. Aamiin :'D

      Hapus
  26. single berperinsip lah nanti kalo dah sukses pasti nyari ciwai jadi gampang :v

    BalasHapus
    Balasan
    1. Lah.. berarti kalo udah sukses bakal banyak yang nyamperin ya bro? terus kalo ga sukses bakalan lajang seumur idup? *amit amit.

      Hapus
  27. Jomblo Itu Prinsip deh :)
    Sukses dulu baru melepas jomblo :)

    BalasHapus
  28. Untuk saat ini masih nyaman dengan single , bisa lebih bebas ngapain aja termasuk bebas melakukan hobi

    BalasHapus
  29. Untuk saat ini masih nyaman dengan single , bisa lebih bebas ngapain aja termasuk bebas melakukan hobi

    BalasHapus
  30. Setuju gua sama postingan ini. SINGLE ADALAH PRINSIP keren dah jatuh cinta sama tulisannya😍

    BalasHapus
  31. sip single itu prinsip

    BalasHapus
  32. single itu prinsip

    follow sukses gan, ditunggu follback.nya

    https://desaingrafiswira.blogspot.com/

    BalasHapus

Post Bottom Ad