For Ads

Post Top Ad

ArtikelCatatan

Logika Manusia dan Tuhan, Sebuah Kisah Yang Tidak Masuk Akal

  Manusia itu, dia sok pintar. Dia sok jago matematika. Dia menghitung-hitung. Dia gunakan logikannya yang sudah diasahnya sedari kecil. Hinggal menghasilkan nilai-nilai yang membuatnya merasa benar. Padahal kenyataannya tidak selalu demikian. Pernahkah kalian melihat lautan besar yang begitu luas? berapa banyak air yang terhampar dibelantaran lautan itu? kemudian kalian coba masukan sebuah jari kalian kedalam air di lautan itu. Lalu kalian angkat jari kalian kembali, lihat ada berapa air yang menetes ddari jari yang diangkat dan sebagian yang masih menempel di jadi kalian. Air yang menempel di jari kalian itulah kita. Itulah logika kita yang kita bangga-banggakan ini. Sedangkan hamparan air di lautan sejauh mata memandang itulah "Logika Tuhan".

   Logika manusia itu kecil dan sempit untuk memahami logika yang ditetapkan oleh Tuhan yang terlampau besar. Maka kadang ada istilah "Tidak masuk akal", ya memang benar, memang akal kita ini terlalu sempit. Banyak sekali hal-hal dalam hidup ini yang jelas-jelas logika kita tak akan bisa memahaminya. Ada sebuah pengalamn yang saya buktikan sendiri bahwa memang saya ini manusia benar-benar terlalu bodoh. Saya rasakan sendiri bahwa manusia itu terlalu banyak kekurangan dan tak tau apa-apa mengenai ketetapan Tuhan swt yang maha kuasa.

Ini adalah kisah hidup di kampung seorang Anak Korban Broken Home yang ingin memahami Logika tuhan dengan Logika Manusia., hanya dengan penghasilan tak menentu kadang 400ribu sebulan kadang juga 200ribu sebulan. Masuk diakal? tentu tidak kawan. Sebelum nya mari kita hitung bersama berapa besar pengeluaran rutin saya tiap bulannya.

Saya masih umur 18th. Uang jajan perhari 15.000 (itu sudah super hemat.) x 30 hari = 450.000,-
10.000, untuk uang jajan seperti Beli rokok dan kopi, makan (beras sama lauk). kadang jika sedang mengirit bisa-bisa puasa senin-kamis. Lantas penghasilanku belum tentu sampe 450.000 / bulan, rata-rata penghasilanku masih 200rb - 400rb / bulan. Lalu 450.000 pengeluaranku sudah harus nombok.
Belum lagi saya mandi gak pake sabun? saya ga kepingin gosok gigi pake odol? Gapingin yang lain-lain? Jelas kepingin, karna saya pun pengen hidup.

Pengalaman ini yang saya bagikan, mudah-mudahan bisa mengispirasi. Ini adalah masalah mindset kawan, Saya adalah seorang anak laki-laki umur 18th. Beberapa tahun lagi tanggung jawab saya bukan lagi menghidupi diri saya sendiri, tapi juga menghidupi anak orang, alias menikah, punya istri, nanti lama-lama punya anak. Kalau saya tidak bisa latihan dari dulu untuk menyetop uluran dana dari orang tua, saya akan kaget ketika esok menikah dan berhadapan dengan kebutuh yang berkali-kali lipat besarnya.

Mindset pertama kali saya memahami getirnya kehidupan. Bagaimana menjadi sosok seorang bocah absurd yang sedang berperang bathin melawan getir nya hidup menjadi seorang korban anak broken home? Jawabannya adalah dia yang memahami agama, karena agama adalah segalanya-galanya. Dia adalah alasan untuk melakukan sesuatu atau tidak melakukan sesuatu. Saya ini anak nakal, bukan seperti ustadz yang saleh, penampilan saya ala kadarnya, bukan seperti anak-anak lainnya yang kaya didikan orang tua, tidak menarik dari segi fisik maupun keemasan. Tapi saya ingin berusaha menjadi calon pemimpin keluarga yang baik.

Maka saya dengarkanlah ceramah-ceramah keagamaan. Berhubung dulu saya ini orangnya super malas datang ke kajian. Saya download saja video-video ceramah dan motivasi dari internet. Apalagi provider internet sedang berlomba-lomba pasang kuota besar-besaran. 1Gb/3hari akan sangat mubadzir kalo tidak dimanfaatkan secara optimal. Maka tiap malam saya download video tausiah itu, ditinggal tidur, lalu paginya saya putar. Itu rutinitas saya setiap hari diawal mengerjakan orderan. setiap hari lo.. setiap pagi saya dengerin pengajian sebelum berangkat ke sekolah.

Hingga sekarang mungkin koleksi video saya lebih dari 10GB. ada satu poin yang saya garis bawahi pada beberapa video tersebut Ilmu Investasi banyak diajarkan dimana-mana. bagaimana kita mengelola modal dengan optimal, sehingga menghasilkan benefid. Tapi kebanyakan hanya mengajarkan bagaimana cara menanamkan modal, menilai risiko, dan saving untuk keperluan mendesak.

Ada satu hal yang terlewatkan dari pelajaran ilmu inventasi, padahal justru ini adalah yang paling utama. Ilmu itu adalah ilmu sedekah. Sedekah adalah langkah pertama yang harus dilakukan oleh investor sebelum berinvestasi. Investasi paling aman adalah sedekah. Karena ini adalah janji tuhan. Bukan janji manusia. Setiap harta yang disedekahkan maka dia akan kembali sebesar 10x lipatnya.

Saya dapat ilmu dari seseorang lupa lagi namanya. Masuk dilogika? Jelas tidak kalau dilogika kita.
10 - 1 = 9 Tapi kalau logika Tuhan, 10 - 1 = 19. Kita punya duit nih.. disedekahkan 10 disedekahkan 1, maka akan kembali menjadi 10. Maka total duit kita menjadi 19. Jadi misalnya kita punya duit hanya 10.000, tapi saya ingin membeli barang atau hajad yang senilai 50.000. Maka kita perlu bersedekah 5000. Karena 5000 x 10 hasilnya 50.000 plus sisa uang kita 5.000 jadi totalnya 55.000. itu adalah matematika sedekah yang saya dapat dari ilmunnya Ust. Yusuf Mansyur. Lalu saya lihat nih penghasilan saya 200.000. Kebutuhan hidup rata-rata harusnya 600.000. berarti kita masih kurang 400.000. Berarti duit yang kudu saya sedekahkan adalah 40.000. Berat tidak jika kalian menyedekahkan uang 40.000 dengan penghasilan seperti saya ini? jelas berat wa. Awalnya. tapi ada sebuah video yang saya lihat dari Ust. Felix Siauw. Beliau berkata bahwa kebiasiasaan bahwa kebiasaan itu ibarat seperti ketika kita menginjakkan kaki kita tanpa alas kaki dihamparan lapangan yang penuh dengan rumput. Pada awalnya, kaki kita akan merasa sakit karena rumputnya tajam-tajam. Tapi setelah beberapa kali kita melewati rumput itu, lama-lama rasa sakit itu berkurang karena rumput yang lama-lama semakin merunduki, dan akhirnya menjadi biasa saja untuk dilewati. Dan yang perlu ditekankan adalah jangan ada alasan untuk membuat kita mundur ketika melakukan suatu kebaikan. Ketika akan sedekah, kok mendadak logika kita berbicara.. "kok banyak buanget, tapi kan lagi butuh beli itu, gimana nanti mau beli itu?" Nah! kata semacam itulah salah satu bentuk dari lemahnya manusia. Sekali lagi selain untuk itung-itungan pelajaran, jangan percaya dengan logika. Maka agar semakin pusing dengan banyak alasan yang datang menunda, sedekah saya yang pertama Rp. 40.000 glondong yang langsung saya masukan di kotak amal masjid Al-Amien Majalaya. pada saat itu mindset hanya kepingin ngetes. Apakah yang dikatakan pak ustad-ustad tadi tentang koar-koarnya khasiat sedekah itu benar atau tidak.

Nama saya Reza, ingin pengen tau informasi mengenai tentan saya. Saya sering kali mendengar di ceramah-ceramah, toko buku, atau kaligrafi-kaligrafi mengenai sebuah ayat yang bernama ayat seribu dinar. Apa nih masuknya? Rupanya itu adalah ayat yang konon didapat dengan harga 1000dinar (1dinar=2juta). Jadi 1000 x 2juta = 2M. Pada ayat tersebut dikatakan bahwa barangsiapa yang bertaqwa kepada Tuhan, dengan sungguh-sungguh menjalankan perintah dan menjauhi larangan Tuhan yang memang amat sangat berat, maka Tuhan akan memberi rezeki dari arah yang tidak disangka-sangka.

Memang Ayat seribu dinar ini kisahnya adalah kisah seorang pedagang yang sukses setelah membaca ayat ini tiap habis Sholat.. Jika memang benar begitu. Mengapa saya tidak coba saja? Maka habit kedua yang saya lakukan sehabis sholat. Ada dua sholat yang filosofinya sangat lucu, yaitu sholat Tahajud dan Duha. Sholat Tahajud itu singkatannya Tau tau Harta Bersujud, sedangkan Sholat Duha itu singkatannya Doanya Pengusaha. hehe.. itu singkatan dari otak kanan mas Ippho Santosa. Kata beliau, dua sholat itu tidak boleh kelewatan jika ingin menjadi pengusaha sukses dan kaya raya. Hmm., tidak ada salahnya untuk dicoba?

Allhamdullilah sejak pertama kali saya order sampai sekarang duha saya masih rutin terjaga sebelum mulai pergi ke sekolah. Malah, kalau kita merasa kita akan disibukan oleh setumpuk kerjaan disuatu hari, maka awali hari itu dengan berduha. Maka harimu itu akan terasa lapang dan tidak dibuiru-buru waktu. Itu saya rasakan sendiri dengan rutinitas kehidupan yang menantang sebagai anak sekolahan yang dihujat dengan seribu tugas dan perkerjaan.

Ada dua Pengusaha yang mindsetnya selalu saya coba untuk apresiasikan. Dia adalah Merry Riana dan Top Itthpad. Merry Riana adalah seorang entrepreneur wanita muda yang berhasil bebas finansial dalam usia 30 Tahun. Dia berhasil meraih sejuta dolar dalam usia yang masih muda, padahal sebelumnya dia hutang pemerintah Singapura ratusan juta. Sedangkan Top Ittiphad adalah pengusaha rumput laut asal Thailand yang produknya bisa dilihat sudah nongkrong di Alfamart dan Indomart dengan label Tao Kae Noi. Dia asukses bebas finansial di Usia 26 tahun padahal sebeluymnya keluarganya mempunyai hutang 4 Milyar. Bukan masalah duitnya atau hutangnya yang saya banggakan dari mereka. Tapi masalah habitnya. Habit pengusaha adalah semakin pandai dia manfaatkan waktu dan situasi. maka semakin sukses.

Ada 2 alasan pengusaha untuk melakukan suatu hal, yaitu apakah itu ada duitnya dan apakah hal itu ada pahalanya? Jika tidak dua-duanya. Maka wajib tinggalkan! Top Itthipad dan Merry Riana mengorbankan bermain diusia muda mereka untuk berkerja. Filmnya berjudul Top Secret, ada sebuah adegan dimana anakmuda seusia Top bisa berjalan santai sambil mendengarjan mp3, sedangkan Top harus berjalan berjalan dengan berkeringat menggendong sekarung kacang untuk berdagang. Jadi sebenarnya yang membuat seseorang kaya atau tidak itu bukan perkara kerjanya sebagai PNS atau pengusaha, tapi masalah habitnya.


Saya pasti kepikiran apakah ada dampak positifnya buat saya kedepan. Apakah ada duitnya? Apakah ada pahalanya? Memang lebay, sungguh alay. Tapi itu adalah salah satu faktor saya bisa bertahan dengan penghasilan yang sangat minit. Saya ganti kegiatan saya yang seharunya busa dupakai untuk nyantai dengan hal kita bersenang-senang sekarang, Suatu saat nanti kita pasti akan merasa bersusah susah. Tapi kalau bersusah-susah sekarang, maka kesenangannya nanti akan menumpuk dibelakang seperti menanam benih. Dan mumpung saya masih muda, saya ingin berkerja keras dulu diusia yang muda, untuk kelak masuk meneruskan biaya bersekolah universitas. Layaknya Top Dan Merry tadi.

Mereka berdua rata-rata menggunakan waktu sehari untuk berkerja selama 18jam. Kebetulan saya gemar dibidang komputer, desain visual digital. Maka potensikan kegemaran saya untuk menghasilkan karya yang bermanfaat, mencoba untuk menulis suatu artikel. saya mengikuti loba-lomba online yang iming-iming hadiahnya besar. Itulah hal-hal yang saya lakukan untuk mengisi waktu luang saya. Ada sebuah Hadits yang menyebutkan bahwa Tuhan amat benci orang yang terlalu banyak makan dan terlalu banyak tidur. Dengan kata lain berarti yang sedikit makan dan sedikit tidur akan lebih disayang. Dan kalau disayang makan akan lebih sering diberi pertolongan. Maka itu alasan yang sangat kuat mengapa saya setiap makan hampir tidak pernah bermewah-mewah dan setiap malam keseringan bergadang.

Banyak yang bilang kalau nanti gajinya sudah banyak apa iya mungkin makan sesederhana itu? Oke, mari saya jelaskan. Eh.. maksudnya Surah At Takasur: bahwa menjadi kaya itu tidak dilarang, tapi pola hidup harus tetap sederhana. Nabi kita Muhammad SAW kaya rayannya bukan main. Lha.. bayangin saja penduduk di dzaman nabi itu hampir seluruhnya bahagia, padahal salah satu indikator kebahagiaan adalah tercukupi kebutuhan. Dan untuk memenuhi kebutuhan itu balik lagi ke duit.. Yup! Money isn't everything, but with the money can getting everything.Tidak salah lagi bahwa harta Rasullulah itulah yang selalu dibagikan kepada umatnya, hingga beliau sendiri tidur hanya dengan pelepah kurma. Ada sebuah kejadian dimana Rasul sedang menjadi imam sholat. Ketika selesai salam. Rasul terburu-buru pulang ke Rumah, tidak seperti biasanya beliau selalu berdzikir panjang terlebih dahulu. Para sahabatpun keheranan beberapa saat kemudian, rasul kembali datang kemesjid untuk melanjutkan dzikirnya. Setelah selesai sahabatanya pun bertanya karena penasaran, apa yang menyebabkan Rasul terburu-buru pulang? Kemudian rasul menjawan,. bahwa setlah salam tadi mendadak beliau teringat bahwa dibawah akas tidurnya masih tersimpan beberapa dihram uang. Beliau sangat takut akan ditanya Tuhan mengapa engkau masih menyimpan uang, sedangkan diluarsana banyak umatmu yang lapar. Maka beliau segera pulang mengambil uang tadi dan memberikan kepada badan. lalu kembali kemasjid lagi untuk menuntaskan dzikir.

Disini, sungguh tampak pola kesederhaan hidup dan semangat berbagi dari beliau yang seharunya ditiru oleh umat manusia yang kepingin sukses dunia dan akhirat. Setiap hari Senin dan Kamis saya upayakan untuk berpuasa. Selain untuk masalah hemat, juga karena masalah pahala. Itulah beberapa yang bisa saya bagikan, Sedekah ditambah baca ayat seribu dinar ditambah rutinnya sholat duha ditambah puasa senin kamis ditambah memanfaatkan waktu adalah uang dan yang pasti sholat 5 waktu dan menjauhi larangnnya.

kata pak ustad, sedekah itu dapat memperkaya harta, setelah saya praktekan rupanya benar begitu adanya! setelah saya sedekahkan 40.000 tadi, ada-ada saja rejeki yang datang silih bergantian. Bergantian lo, seperti berbaris ngantri untuk datang order kepada saya, sampe-sampe ada beberapa yang saya cancle karena saya terlalu aktif sehingga jatuh sakit. Mulai dari dapat upah makanan gratis dari tetangga, upah perjalanan delivery barang, dan saya juga heran sampai keluarga banyak yang ngasih uang jajan. Memang, seperti terjemahan di ayar seribu dinar yang rutin saya baca tadi, rezeki dan pertolongan Tuhan itu datanya dari arah-arah yang tidak diduga. termasuk ide-ide yang muncul dipela ini pun merupakan bentuk dari rezeki Tuhan yang tak terduga.

Ada sebuah kisah yang pernah saya baca di artikel-artikel google. Kisah Muhammad Al-Fatih dalam menaklukan Konstantinopel, sebuah kota besar yang sudah lama 700 tahun lebih mencoba ditaklukan oleh pasuka muslim tapi berujung di kegagalan karena pertahanan kota yang luar biasa tangguhnya. Muhammad Al Fatih inilah satu-satunya yang berhasil, Bagaimana caranya? percaya atau tidak. Pasukan Alfatih ini menumbangkan Konstatiopel dengan cara membawa kapal-kapal perang mereka berlayar bukan di atas ombak, tapi diatas Gunung! alias membawa kapal-kapalnya naik keatas gunung untuk menyerbu Konstantinopel, karena hanya pada sisi gununglah itulah pertahanan kota yang lemah. Bukan masalah mendorong kapalnya yang luar biasa disini. Tapi bagaimana Al Fatih bisa mendapatkan ide untuk menyerang Konstatinopel dari arah gunung itulah sebuah rezeki dan rahmat dari Tuhan yang luar biasa. Sama seperti saya, bagaiman mendapatkan suatu ide-ide atau imajinasi untuk membentuk gambar yang di desain menjadi bentuk gambar yang sangat bernilai.

Misalkan Contoh yang kecil, saya membuka jasa edit photo. Ceritanya secara mendadak instasi saya meminta pas foto dengan memakai jas. Otomatis banyak anak yang tidak mungkin punya jas, apalagi untuk beli pasti mahal dengan gaji yang baru segitu. Kalau pun mau foto studio pun mahal bisa sampai 20rb. Ya saya buka jasa edit foto saja, saya pasangin jas difotonya yang lama. Saya pasang tarif 5rb-10rb perfoto. Memang harus ada pengorbannanya, sempat saking banyak orderan dan deadline saya tiap hari begadang dan bangunsiang. Dan selama bangun itu pasti langsung nancap depan monitor untuk disain pas foto jas, siluet, prewedding, denah rumah, logo, brands/baju dan masih banyak lagi.

Lantas... apakah dengan pola hidup seperti ini hidup saya jadi monoton dan tak ada kebahagiaan sama sekali seperti anak normal lainnya? Jelas tidak! saya juga bermain dgn teman-teman untuk melepas penat. Saya juga masih bisa 'kopi-udud' sama teman-teman. Mejeng didepan untuk refreshing. Saya juga bisa beli pakaian dan celana baru. Saya juga bisa sering pergi ke jakarta untuk sekedar bertemu ibu saya. Karena orang tua adalah segalanya. Saya yakin, kesuksesan saat ini tidak akan diperoleh tanpa restu & doa orang tua. Saya juga sekarang bisa beli Smartphone yang harganya selangit. Padahal saya awalnya melongo, untuk makan buat besok juga sudah bersyukur. Dan masih banyak lagi.

Namun kebahagiaan yang paling besar adalah, saya memperoleh itu semua tanpa meminta uang dari orang tua dan tidak lagi menjadi perasit mereka. Sungguh ini merupakan pengalaman dan perjuang yang tak terlupakan. Entah esok apalagi yang akan diceritakan.. Walallahualam. dan saya pun tidak bermaksud pamer atau ria, Tapi disini indahnya jika berbagi pengalaman dengan orang-orang sekitar bahwa kebesaraan Tuhan itu Sungguh Ada.

Related Posts

38 komentar:

  1. artikelnya bagus gan untuk motivasi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Heheh bisa aja gan, Terimakasih mas, makasih sudah menyempatkan datang ke blog sederhana saya ini :)

      Hapus
  2. Stelah membacanya jadi termotivasi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kuncinya adalah membaca mas, jadi kalo ga baca ga bakalan tau wkwkw :) Makasih sudah menyempatkan datang ke blog sederhana saya ini.

      Hapus
  3. bagus banget buat motivasi, buat semangat hidup

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehehe iya bro, apa yang saya alamin semoga bisa di amalin :)

      thx ya udah komen di blog sederhana saya ini :)

      Hapus
  4. sangat bagus sekali untuk motivasi hidup kita.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehehe iya bro, apa yang saya alamin semoga bisa di amalin :)

      thx ya udah komen di blog sederhana saya ini :)

      Hapus
  5. bagus nih motivasinya gan (y)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehehe iya bro, apa yang saya alamin semoga bisa di amalin :)

      thx ya udah komen di blog sederhana saya ini :)

      Hapus
  6. Balasan
    1. Hehehe iya bro, apa yang saya alamin semoga bisa di amalin :)

      thx ya udah komen di blog sederhana saya ini :)

      Hapus
  7. sangat inspiratif dan bisa bikin motivasi nih mas
    nice

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehehe iya bro, apa yang saya alamin semoga bisa di amalin :)

      thx ya udah komen di blog sederhana saya ini :)

      Hapus
  8. ditunggu lanjutan artikel yang memotivasi nya..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehehe iya bro, apa yang saya alamin semoga bisa di amalin :)

      thx ya udah komen di blog sederhana saya ini :)

      Hapus
  9. motivasi yang begitu baik... ya, pastinya buat mertahanin hidup.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Heheh bisa aja gan, Terimakasih mas, makasih sudah menyempatkan datang ke blog sederhana saya ini :)

      Hapus
  10. nggk baca semua sih, tapi saya ambil poin pentingnya. Memang benar bila kita bandingkan logika manusia dengan kehendak tuhan nggk akan masuk akal. keren abis artikelnya

    my blog

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehe iya gan, dari awal manusia turun kebumi Nabi Adam as. manusia itu sombong, ga pernah nurut apa yang diperintahkan Allah. Mangkanya sampe sekarang manusia itu sombong :D

      Hapus
  11. Subhanallah gan, kalo di inget - inget, sehabis nonton Top Secret emang siih gan kesannya ane langsung menggebu - gebu semangat pengen mandiri dan suksesnya. Btw, untuk pengalaman yg ente rasain sekarang nggak jauh beda lah sama pengalaman ane, coz ane juga masih 18 tahun. Hehe


    Salam.

    Studimetri.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. Thanks gan, emang sih gan.. apalagi Merry Riana. saya sampe beli Novel nya.. hehe.

      Hapus
  12. Pas buat introspeksi diri di bulan puasa ini gan :) Semoga kita semua masih diberi hidayahnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Memasuki bulan ramadhan ya tentu nya banyak-banyak intropeksi diri :)

      Hapus
  13. Pas ini buat perbaiki pribadi :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehehe iya bro, apa yang saya alamin semoga bisa di amalin :)

      thx ya udah komen di blog sederhana saya ini :)

      Hapus
  14. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  15. keren gan artikelnya, sangat menginspirasi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terimakasih mas, makasih sudah menyempatkan datang ke blog sederhana saya ini :)

      Hapus
  16. Tenang sob hehehe anak broken home selalu punya kelebihan yang banyak banget , btw cerita ente keren dan memotivasu

    BalasHapus
  17. Balasan
    1. Hehehe iya bro, apa yang saya alamin semoga bisa di amalin :)

      thx ya udah komen di blog sederhana saya ini :)

      Hapus
  18. Nice article..thx for a lot motivation. Salam kenal gan.
    Kunjung balik syaqiebworld.blogspot.com

    BalasHapus
  19. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  20. wah.. terima kasih sudah berbagi pengalaman dan juga motivasi serta inspirasinya. Mungkin boleh dicoba juga biar jadi pribadi yang lebih baik lagi.
    Oh iya juga lupa kunjungi juga ya www.celotehfebry.com

    BalasHapus
  21. mantap sangat bermanfaat dan menambah motifasi
    jangan sungkan mampir tips seputar kesahatan hidup
    https://m4srio.wordpress.com/2019/11/09/wah-ternyata-garam-baik-buat-tubuh-jika-tau-cara-pakainyah/

    BalasHapus

Post Bottom Ad